Mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian Praktikum di Kebun Anggur Gerbang Café

Tak Berkategori

Sabtu 3 Juni 2023, mahasiswa Prodi Agroteknologi berjumlah 23 orang melakukan kuliah praktek lapangan di kebun anggur Gerbang Cafe yang terletak di Desa Kulu Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Dalam kegiatan tersebut Budi Al Hadi, M. P selaku dosen pada mata kuliah pengelolaan tanaman perkebunan dan konservasi sumber daya lahan dalam sambutannya mengharapkan kepada mahasiswa agar menyerap ilmu budidaya tanaman anggur dan melestarikan tanaman tersebut serta dijadikan sebagai tanaman lokal unggul menjadi objek wisata perkebunan di kawasan tersebut. Jailani selaku pemilik dan pengelola kebun anggur mengutarakan telah beberapa kali jatuh bangun disaat budidaya tanaman anggur. Permasalan itu terjadi disaat pemesanan bibit anggur yang selalu tidak sesuai harapan ketika sampai tujuan. Beberapa bibit anggur yg ada di kebun Jailani diantaranya, bibit varietas akademik, varietas goshi, varietas transfigoration dan varietas ninel.


Jailani sangat antusias dalam memberikan materi praktikum ditemani juga oleh dosen Agrotek lainnya yaitu Karnilawati, M. P. Dalam kegiatan ini mahasiswa langsung praktek budidaya tanaman anggur mulai dari persiapan media tanam, penanaman, pemeliharaan dan pemanenan. Mahasiswa juga diberikan izin oleh pemilik kebun untuk mencicipi buah anggur dengan cara petik sendiri.

Pada akhir kegiatan, Jailani memberikan oleh-oleh bibit anggur yang siap ditanam kepada mahasiswa untuk ditanam di kampus Unigha. (Bah)

Related Posts