DOSEN DAN MAHASISWA PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI UNIGHA MELAKSANAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI DESA LAYAN KEC.TANGSE

Tak Berkategori

Dosen dan mahasiswa Program Studi Agroteknologi Unigha telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat pada hari Sabtu 9 Oktober 2021. Kegiatan ini dilakukan di Desa Layan Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie dengan judul Konservasi Alam dan Lingkungan Melalui Gerakan Penghijauan. Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh setiap dosen dengan melibatkan mahasiswa.

Penanaman secara simbolis yg dilakukan oleh dosen diwakili Ka. Prodi Agroteknologi Sri Handayani, M.P

Dalam pelaksanaan PKM yang diawali dengan pembukaan di meunasah Desa Layan, Geuchik Tarmizi menuturkan sangat berterima kasih kepada para dosen dan mahasiswa agrotek yang sudah memberikan perhatian penuh terhadap keadaan alam yang ada di desanya. Beliau bercerita, beberapa tahun yang lalu Desa Layan terjadi musibah besar yaitu banjir bandang. Kerusakan yang terjadi bukan hanya merugikan penduduk setempat secara materil, tetapi kerusakan terdapat pada alam dan lingkungan di desa ini. Banyak sekali pohon yang tumbang akibat tersapu banjir bandang. Dengan adanya program penghijauan kembali yang diusung oleh dosen dan mahasiswa agrotek, akan menjadi suatu energi positif serta menjaga keseimbangan terhadap lingkungan dan alam desa kami.

Keikutsertaan aparatur desa dan warga dalam penghijauan
Ketua Prodi Agroteknologi yang mewakili dosen mengungkapkan, ada 40 polybag tanaman yg akan kami serahkan semoga akan menjadi manfaat besar bagi lingkungan dan alam serta dapat mengganti beberapa tanaman yang telah hilang akibat disapu banjir bandang. Kedepan kami dari Prodi Agroteknologi akan membawa lebih banyak lagi tanaman dan akan mengusung tema lain sesuai program dari Desa Layan menenai pertanian, imbuhnya.
Selesai pembukaan, para dosen, mahasiswa dan masyarakat menuju tempat penanaman pohon. Penanaman dilakukan secara simbolis sebanyak 6 pohon. Dalam pembuatan lubang tanam, dosen memberikan arahan kepada masyarakat mengenai kedalaman, lebar dan cara mengeluarkan tanaman dari dalam polybag agar akar tidak rusak. Arahan juga diberikan tentang berapa kadar pupuk yang harus diberikan setiap lubang tanam. Terakhir adalah arahan mengenai perawatan tanaman dengan dibarengi penutupan dengan menggunakan pagar keliling disetiap tanaman.

Keikutsertaan Mahasiswa dalam penghijauan
Diharapkan kepada masyarakat dapat menanam sisa dari pohon yang telah diserahkan sesuai arahan dan praktek yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa terhadap masyarakat.(Bah)

Related Posts