Pengabdian Masyarakat Berbasis Edukasi Bisnis Oleh Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Ungiha-Sigli

Tak Berkategori

 

Dosen dan mahasiswa prodi agribisnis fakultas pertanian universitas jabal ghafur pada tanggal 25 agustus 2021 melaksanakan pengabdian kepada masyarakat Yang bertempat di desa suka makmur kecamatan wih pesam kabupaten bener meriah.
Dalam kegiatan ini dosen dan mahasiswa memberikan edukasi bisnis pertanian sebagai upaya pemberdayaan masyarakat tani pasca alih fungsi lahan tebu menjadi lahan cabai.

Faktor harga dari permintaan tebu dan penggunaan tenaga kerja menjadi alasan utama masyarakat tani melakukan alih fungsi lahan. Hal ini yang melatar belakangi dosen dan mahasiswa prodi agribisnis melakukan pengabdian masyarakat di desa suka makmur kecamatan wih pesam kabupaten bener meriah.

Kegiatan pengabdian yang didampingi oleh bapak sutoyo sebagai keuchik dan bapak endi selaku kepala koperasi desa suka makmur, dilaksanakan langsung pada lahan cabai seluas 3 hektar yang dulu difungsikan sebagai lahan tebu oleh petani setempat.

Adapun bentuk edukasi yang diberikan untuk mengajak masyarakat tani menjadi pengusaha yang mampu meningkatkan nilai jual dari hasil panen sendiri dengan konsep Kewirausahaan berupa penanganan pasca-panen dari pengolahan komoditi hingga pemasaran produk.

 

Kegiatan pengabdian ini juga dilakukan sebagai bentuk kepedulian dosen universitas jabal ghafur terhadap bisnis pertanian yang tidak hanya mengedukasi masyarakat tani kabupaten pidie tetapi juga masyarakat tani kabupaten lain yang disini diwakili oleh kabupaten bener meriah

Related Posts